expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Senin, 02 Desember 2013

Penyakit Kurang PEDE




Rasa percaya diri itu mampu membuat kita bebas untuk melakukan sesuatu tanpa memikirkan kesalahan  terlebih dahulu, tanpa membuat diri kita menjadi tidak berharga. Jika kita memiliki rasa percaya diri, maka secara tidak langsung kita telah mengajak atau meningkatkan rasa percaya diri kepada diri orang lain.
Seperti kebanyakan yang terjadi di kalangan kita, banyak orang yang belum mampu untuk percaya diri, padahal sebenarnya kita mampu untuk melakukan hal itu.
Bagaimana sih cara kita untuk percaya diri? Seseorang yang tidak percaya diri, itu bukan sifat permanennya, namun ia dapat berubah. Karena percaya diri merupakan hal yang harus kita pelajari, bukan suatu hal yang diwariskan.
Percaya diri merupakan perasaan yang mendekatkan kita dengan yang namanya keberhasilan. Jika kita merasa bermasalah dengan percaya diri, maka berusahalah terus mencari cara untuk mengatasi rasa kurang percaya diri, apa itu kelemahan kita sehingga kita kurang pede untuk mempublisnya di depan publik. 

Apa yang menyebabkan kita kurang percaya diri?
            Karena merasa banyak kekurangan? Karena merasa tidak mampu melakukan apa yang orang lain bisa lakukan? Kita tidak harus selalu memandang ke atas. Kita juga tidak perlu menjadi orang lain. Jadilah diri sendiri dan itu sudah cukup menyenangkan. Mengenali potensi diri dan mengembangkannya adalah cara terbaik untuk meningkatkan rasa percaya diri. Jadi tidak perlu yang namanya malu atau minder.

Terimalah diri kita apa adanya. Jadikan kekurangan kita sebagai kelebihan. Bagaimana kita memaksimalkan kekurangan menjadi kelebihan yang justru tidak dimiliki oleh orang lain. Selalu menutupi kekurangan hanya akan membuat kita semakin terpuruk dalam sikap minder dan rendah diri.
Bergaullah dengan orang-orang yang memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Pelajari cara-cara mereka dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Cara mereka berkenalan dengan orang baru, cara mereka memperlakukan orang lain, cara menyikapi sebuah masalah, cara mengatasi situasi, dan lain lain. Banyak hal yang bisa kita pelajari dan praktekkan sendiri.
Singkirkan imajinasi negatif kita mengenai apa yang sedang kita hadapi. Hilangkan pemikiran bahwa orang-orang sedang memperhatikan kita dan berfikir negatif tentang kita. Faktanya, semua berjalan biasa-biasa saja tidak seperti apa yang kita pikirkan. Semua hal negatif itu hanya ada dalam imajinasi kita saja.
Sering mencoba hal-hal baru akan lebih membuka wawasan serta pandangan kamu tentang hidup dan kehidupan. Yang pada akhirnya akan memberi kita sebuah pemahaman bahwa tidak ada yang tidak mungkin. Semua manusia adalah sama. Kita punya kekurangan mereka juga. Mereka punya kelebihan kita pun memilikinya. Mereka bisa, maka kita juga bisa.

"Keterbatasan hanyalah sebuah kesalahan dalam cara kita berfikir."

2 komentar: